Halaman

Powered By Blogger

Sabtu, 29 Desember 2012


Kampus Kecil Kampus Madani


 Peradaban madani sebuah Negara terlahir dari beberapa peradaban kecil, yaitu masyarakat, keluarga dan diri sendiri. Masyarakat madani terbentuk dari para pemuda yang berkarakter qur’ani, inovatif, kreatif dan prestatif. Kampus merupakan salah satu wadah pendidikan bagi para pemuda dan pemudi nya, yang akan membangun sendi serta kerangka peradaban madani  sebuah Negara. Wilayah bogor memiliki sebuah kampus yang mampu mencuri perhatian dibanding kampus – kampus yang berada di wilayah Bogor kecuali IPB. Kampus yang terpencil ditengah masyarakat, kampus yang tidak begitu luas bahkan bisa dikatakan kampus kecil ditengah keramaian hiruk-pikuk masyarakat. Kampus ini sangat unik di balik fungsi nya sebagai kegiatan pembelajaran para kaum intelektual atau biasa disebut mahasiswa, kampus ini seperti memilki sebuah energy, semangat, dan  nuansa islami yang begitu kental. Ketika kita menginjakkan kaki di depan kampus tersebut ada pertanyaan yang pasti terbesit dalam pikiran kita yaitu “ apakah ini kampus atau sebuah pesantren?” ya terlihat dari awal saat langkah kita memasuki lapangan parkir atas dipenuhi pemuda dan pemudi yang ramah dengan menebarkan salam, banyak kelompok yang mengkaji al-qur’an atau sekedar berdiskusi tentang suatu masalah kampus.
 Hal ini tidak berhenti disini, ketika kita memasuki lebih dalam ke tempat pusat aktivitas kaum muslimin atau bisa kita sebut “ masjid”, disini memiliki suasana yang berbeda sebuah energi yang sangat kuat sebuah energi kerinduan akan RabbNya  berbeda sekali ketika kita masuk ke masjid-masjid di lingkungan masyarakat yang sepi dengan jamaah nya. Disini banyak kita temukan para kaum pemudi yang kebanyakan telah menutupi kehormatannya dengan sebuah hijabnya sedang asyik dengan al-qur’an nya, mengisi halaqoh/ mencari ilmu Allah, ataupun sekedar bermusyawarah membahas program yang bermanfaat untuk orang lain dengan tetap menjaga izzah antara pemuda dan pemudinya. Sungguh energy positif di tempat ini sangat luar biasa, semangat menggelora pemuda dan pemudinya dalam menyebarkan kebaikan mampu membuat siapa saja yang berada disekelilingnya terhipnotis untuk bergabung. Ditengah kesibukan akademik mereka masih sempat bertemu RabbNya untuk berinteraksi dengan cara mengisi segala aktivitas yang bermanfaat untuk orang lain. 
Hal lain yang mencuri perhatian saya tidak hanya aktivitas kampus ini yang begitu unik, tetapi keramahan dan kehangatan menyambut tamu sungguh mengingatkan saya kepada teladan saya yaitu Rasullullah yang selalu menyambut saudaranya dengan kehangatan yang membuat sebuah kenyamanan. Kampus ini bukan sekedar kampus biasa yang hanya melaksanakan kegiatan akademisi, tapi kampus yang mampu mencetak Generasi Rabbani dan Qur’ani yang kreatif, prestatif dan inovatif serta peduli dengan lingkungan sekitar. Inilah kampus saya AKADEMI KIMIA ANALISIS BOGOR sebuah kampus madani, ya kampus yang mendidik saya bukan hanya sekedar ilmu eksak tapi sebuah ilmu kehidupan. Beruntunglah Allah membawa saya untuk menginjakkan langkah masa depan saya melewati kampus ini sehingga membawa saya mengenal Allah dan RasulNya serta memberikan saya ilmu akademis. Kerinduan selalu mendera setiap saat ketika memikirkan kampus ini entah mengapa hal ini selalu terjadi, kerinduan akan kehangatan ukhuwah, kerinduan akan idealisme, kerinduan akan perjuangan bersama sahabat. Saya berharap bahwa kampus ini akan selalu menjadi kampus madani, kampus yang selalu berprestasi, kampus yang selalu memancarkan kebermanfaatan bagi oranglain dan kampus yang mampu mencetak kaum intelek yang berkarakter Rabbani.


by : TRSU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar